Selasa, 05 Maret 2013
Jadwal la liga Spanyol, hasil pertandingan dan klasemen terbaru kompetisi Liga Spanyol 2012/2013. Jadwal pertandingan la liga hari/minggu ini secara default dapat anda lihat pada tabel paling atas. Di bagian tabel tengah adalah klasemen tim sampai pada pertandingan terakhir (selalu update). Di bagian paling bawah adalah daftar top scorer La Liga Spanyol.

Sejarah liga Spanyol dimulai pada bulan April 1927, José María Acha, seorang direktur di Arenas Club de Getxo mengajukan ide liga nasional di Spanyol. Setelah banyak perdebatan tentang ukuran liga dan yang akan siapa saja pesertanya, Federación Española de Fútbol akhirnya menyepakati sepuluh tim yang akan membentuk División Primera pertama pada tahun 1929. Barcelona, Real Madrid, Athletic Bilbao, Real Sociedad, Arenas Club de Getxo dan Real Unión semuanya adalah pemenang Copa del Rey. Atlético Madrid, Espanyol dan Europa memenuhi syarat sebagai runner-up Copa del Rey dan Racing de Santander memenuhi syarat melalui kompetisi knockout. Hanya tiga dari klub pendiri yang belum pernah terdegradasi yaitu Real Madrid, Barcelona, dan Athletic Bilbao. Saat ini La Liga adalah liga terkuat di Eropa selama lima tahun terakhir, berdasarkan koefisien liga UEFA.

Sejak Liga Spanyol digelar pada tahun 1929, sampai saat ini Real Madrid adalah tim yang paling banyak meraih gelar juara dengan 32 tropi disusul oleh Barcelona dengan 21 kali juara.

Jadwal - Hasil pertandingan liga Spanyol hari /  minggu ini:
1 Maret
Getafe    2 - 0    Zaragoza
2 Maret
Real Madrid    2 - 1    Barcelona
Deportivo La Coruna    0 - 0    Rayo Vallecano
Osasuna    0 - 1    Athletic Bilbao
Valencia    2 - 2    Levante
3 Maret
Granada     1- 2    Mallorca
Espanyol   0 - 0    Valladolid
Malaga   0 - 0    Atletico Madrid
Real Sociedad 3-3 Real Betis
4 Maret
Sevilla vs Celta Vigo

0 komentar: